Tips Agar Blog Bisa di Daftar Google News Lengkap

Tips Agar Blog Bisa di Daftar Google News Lengkap

Hello World! Ingin tahu cara membuat konten situs web Anda yang layak diberitakan terdaftar di Google News? Pelajari panduannya dan dapatkan praktik terbaik serta tips di sini. 

Karena Google terus mendominasi dalam hal pangsa pasar mesin pencari, pemilik situs web terus mencari cara baru untuk membawa lalu lintas dari sana ke situs mereka sendiri juga.

Daftar Google News adalah cara yang fantastis untuk mendapatkan lebih banyak perhatian untuk konten Anda, berkat peningkatan visibilitas yang diberikan Google pada berita utama.

Sebelumnya, ada beberapa langkah yang perlu dipertimbangkan untuk listing di Google News.

Namun, pada akhir tahun 2019, Google mengubah kebijakannya dan menghapus persyaratan untuk mengirimkan situs Anda. 

Sebaliknya, Google menyatakan :

Penerbit secara otomatis dipertimbangkan untuk Berita utama atau tab Berita Pencarian. Mereka hanya perlu menghasilkan konten berkualitas tinggi dan mematuhi kebijakan konten Google Berita.

Meski begitu, tips dan saran praktis tentang kelayakan Google Berita dari masa lalu masih berlaku hingga saat ini.

Jadi, bagaimana Anda bisa menampilkan konten Anda di bagian Cerita Teratas dari hasil pencarian?

Jika Anda ingin tahu cara memasukkan konten situs web yang layak diberitakan ke Google News, postingan ini cocok untuk Anda. 

* * * * *

Apa Itu Google News?

Google News adalah mesin telusur vertikal yang dibuat oleh komputer yang mengumpulkan dan menggabungkan berita dan tajuk utama dari ribuan sumber informasi di seluruh dunia.

Google kemudian menampilkannya berdasarkan berbagai faktor termasuk preferensi dan minat pengguna, relevansi, kesegaran konten, dan otoritas.

Meskipun pengguna dapat mengakses Google News secara langsung dengan membuka https://news.google.com/ , Google juga secara mencolok menampilkan artikel Berita dalam halaman hasil pencarian utama mereka. 

* * * * *

Mengapa Blog Perlu Daftar Google News?

Jawaban yang jelas untuk ini dari sudut pandang holistik adalah untuk meningkatkan jangkauan merek/ahli/layanan, visibilitas, dan traffic (beberapa di antaranya pada akhirnya akan mengarah pada peningkatan penjualan dan hasil akhir).

Namun, secara realistis, jawabannya lebih kompleks.

Lebih dari 60% orang memercayai Google Berita daripada outlet berita lainnya.

Tingkat kepercayaan ini, bila dikombinasikan dengan hasil yang diinginkan yang disebutkan di atas, membuka nilai bisnis yang lebih luas di luar metrik penelusuran tentang tayangan, lalu lintas, dan pendapatan.

Kepercayaan dapat menjadi pembeda online utama antara merek dan situs web, yang memengaruhi perilaku pengguna pada tahap pra-klik (iklan) dan pasca-klik (situs web).

Bagi banyak bisnis, penyertaan dalam Google Berita adalah cara lain untuk memaksimalkan konten saat ini dan di masa mendatang.

* * * * *

Daftar Google News

Seperti semua hasil penelusuran Google, mengikuti panduan dan praktik terbaik dapat membuat konten Anda disertakan dan mendapat peringkat tinggi di Google Berita. 

Ketika Anda menginvestasikan banyak waktu, uang, dan sumber daya ke area mana pun di situs web Anda, Anda perlu membuat investasi itu bekerja keras untuk Anda sebagai imbalannya. 

Selain itu, Berita utama dapat menjadi titik masuk yang lebih cepat ke hasil pencarian yang sangat kompetitif.

Di bagian berikut, Saya berfokus pada pedoman inti yang harus Anda ikuti untuk kemungkinan keberhasilan dalam Google News.

Petunjuk umum

Jenis Konten

Seperti yang Anda bayangkan, konten harus tepat waktu, relevan, dan dianggap menarik bagi pemirsa Google Berita.

Beberapa konten yang tidak termasuk dalam kategori ini termasuk tips dan saran, iklan pekerjaan, atau konten informasi saja seperti cuaca atau harga saham.

Orisinalitas & Keterbacaan

Konten harus akurat dan asli.

Jika situs Anda memiliki campuran konten yang dibuat sendiri dan dikumpulkan, Anda harus membedakannya dengan jelas. Jika tidak, tidak ada yang akan masuk ke (atau tetap berada di) Google Berita.

Juga, konten harus ditulis dengan baik dan tanpa gangguan berlebihan seperti iklan, video, dan sebagainya.

Keahlian & Kepercayaan

Konten yang mencerminkan keahlian terdepan di industri memiliki peluang lebih besar untuk masuk ke Google Berita.

Konten ini harus menawarkan pendapat yang jelas, berdasarkan keahlian dan pengalaman di lapangan.
Itu juga harus didukung oleh sinyal kepercayaan termasuk alamat fisik, kepenulisan pendukung, dan nomor telepon.  

Untuk selengkapnya, lihat daftar lengkap pedoman umum Google Berita. 

Pedoman Teknis

Google menggunakan pemrosesan berbasis algoritme saat menemukan dan merayapi artikel untuk dimasukkan ke dalam Google Berita, dan ada sejumlah faktor teknis yang harus dipenuhi.

Banyak di antaranya adalah faktor peringkat SEO tradisional dan lainnya terkait secara khusus dengan Google News.

Pastikan hal-hal berikut:
  • URL dan tautan jangkar bersifat deskriptif konten, unik dan permanen.

  • Konten disediakan dalam format HTML saja. PDF, JavaScript, dan jenis konten lainnya tidak dapat dirayapi atau ditampilkan. Dalam kebanyakan kasus, konten multimedia (YouTube menjadi pengecualian sesekali) tidak akan disertakan.

  • Domain tempat konten dihosting harus dapat diakses oleh bot mesin telusur.

Untuk mempelajari lebih lanjut, baca daftar lengkap pedoman teknis. 

Pedoman Kualitas

Kualitas hadir di setiap aspek etos Google.

Jika Anda tidak yakin tentang apa yang menentukan kualitas konten, lihat Pedoman Kualitas Webmaster. Lihatlah konten Anda secara objektif sehingga Anda dapat membandingkannya dengan situs peringkat teratas dengan topik yang sama.

Pastikan konten Anda melebihi persyaratan dasar seperti kedalaman, variasi, opini, keahlian, kepercayaan, dan statistik. 

Perlu ditekankan lagi pada titik ini bahwa Google News hanya menerima konten berita.

Mencoba memasukkan semua halaman Anda adalah taktik yang buruk dan Anda ditakdirkan untuk gagal.

Konten dalam banyak kasus akan spesifik industri dan netral perusahaan sehingga tidak berbasis pemasaran atau PR.

Selain itu, meskipun mungkin menyertakan kutipan dan pendapat ahli, itu tidak boleh berupa iklan bisnis atau promosi apa pun.

 * * * * * *

Tips Trik Daftar Google News

Ada sejumlah taktik lain yang dapat digunakan untuk membantu Anda menampilkan konten dan memberi peringkat di Google Berita.

Berikut adalah beberapa yang paling praktis.

Melakukan Dasar-dasar dengan Baik

Ada area yang lebih luas yang dapat berdampak positif pada kelayakan dan peringkat Google Berita Anda – banyak di antaranya adalah untuk mendapatkan hal-hal dasar dengan benar.

Konten berita harus diberi label yang jelas seperti itu. Itu harus:

  • Memiliki subfolder yang unik (yaitu, exampledomain.com/news).Setiap berita harus memiliki URL deskriptif yang mencerminkan topik konten.
  • Konten baru harus dapat diakses, dimuat dengan cepat, dan kaya akan informasi. Itu juga harus memiliki nilai, topikal, didukung oleh fakta, dan terlepas dari nada penjualan.

Anda harus sering dan konsisten mempublikasikan berita – setiap minggu atau setiap hari, misalnya, daripada 10 artikel satu hari dan kemudian tidak ada yang lain selama sebulan.

Jadikan konten mudah dibaca, dibagikan, dan digunakan – semakin banyak sinyal kualitas pengguna yang berasal dari konten, semakin baik.

Peta Situs Google News

Dengan membuat peta situs unik untuk Google Berita dan mengirimkannya langsung ke Google, Anda dapat mengontrol item konten berita yang memenuhi atau melampaui kriteria pedoman Google dan menyoroti yang paling mungkin memberikan hasil yang Anda cari.

Seperti halnya semua peta situs, ini dapat mempercepat dan meningkatkan tingkat keberhasilan Google menemukan konten Anda dan menampilkannya dalam hasil penelusuran.

Halaman Seluler yang Dipercepat (AMP)

Di tingkat atas, AMP adalah versi halaman web yang hampir semua jenis konten non-teksnya telah dihapus, yang berpotensi menyebabkan pemuatan lambat.

AMP sebagian besar untuk penerbit, karena orang ingin mencerna konten berita dengan cepat, saat bepergian, dan menggunakan hampir semua perangkat dan berbagai tingkat koneksi internet.

Mengirimkan Situs Web Anda

Meskipun pengiriman tidak lagi diperlukan, mendaftar dan mengirimkan situs Anda melalui Pusat Penerbit Google memang memberikan beberapa manfaat tambahan seperti yang dijelaskan oleh Google:

  • Kontrol konten dan branding : Rancang, merek, dan sesuaikan bagian dan konten publikasi Anda di Google Berita.

  • Peluang monetisasi : Jalankan iklan di dalam area konten Anda di aplikasi. Google Berita mendukung penayangan iklan melalui Google Ad Manager, termasuk iklan solusi premium. Penerbit dapat menggunakan paywall di Kios melalui Berlangganan dengan Google .

  • Kelayakan penempatan : Publikasi dengan persyaratan bisnis memenuhi syarat untuk berada di bagian Kios aplikasi (di negara/wilayah yang berlaku). Kami tidak menjamin penempatan. Publikasi dipilih secara independen untuk Kios oleh tim merchandising kami berdasarkan waktu promosi, kualitas pengalaman pengguna, dan relevansi dengan tema promosi.

Selain itu, beberapa penerbit telah melaporkan dimasukkan dalam Google Berita jauh lebih cepat setelah mengirimkan situs mereka.

Tag Kata Kunci Berita Meta & Pilihan Editor

Secara historis, Google menggunakan tag berita meta (meta name="news_keywords") dan pilihan editor untuk memungkinkan penerbit mengidentifikasi topik artikel mereka.

Karena agregasi Google Berita menjadi lebih canggih dan didorong oleh AI, Google menghentikan kedua fitur tersebut.

Perubahan ini mencegah penayang menyalahgunakan tag dan lebih menekankan pada praktik terbaik yang dibahas di atas.

* * * * *

Kesimpulan

Tidak diragukan lagi bahwa ada banyak manfaat terdaftar di Google News dan dapat memberikan situs web Anda titik masuk ke hasil pencarian yang sangat kompetitif.

Namun, tidak dapat ditekankan bahwa Google hanya menerima konten berita.

Konten Anda harus akurat, orisinal, tepat waktu, relevan, dan menarik bagi Audiens Google Berita.

Pastikan untuk mengikuti pedoman (umum, teknis, dan kualitas) dan praktik terbaik yang dibahas di atas, dan Anda mungkin sedang dalam perjalanan untuk memasukkan konten situs web yang layak diberitakan ke Google Berita. 

Jadi itulah sedikit Tips Agar Blog Bisa di Daftar Google News, semoga dapat membantu tema-teman dalam men daftar google news. Semoga beruntung dan Salam!

Young
Young Terlalu muda untuk dikritik dan terlalu dewasa untuk di nasehati :)

Posting Komentar untuk "Tips Agar Blog Bisa di Daftar Google News Lengkap"